Download

AMALAN BULAN ROMADHON - MEMBACA AL-QUR'AN DAN ALASAN MENUNDA BELAJAR NGAJI

Hai Guys...
Selamat Siang Para Penggemar !!
Cie... Udah taukan ? Itu sapaan yang biasa diucapin siapa?
Yup.. Benar. Mas Dodit Mulyanto, komika medok asal Blitar.
Namun yang mau saya tulis bukan tentang mas Dodit. Tapi tentang sesuatu yang berhubungan dengan suasana bulan ini. Ya... Bulan Romadhon.
Di bulan yang mulia ini masjid dan mushola hampir setiap waktu terdengar lantunan tadarus mulai dari anak kecil, sampai orang tua.
Tapi tau gak sih di usia remaja, dewasa, bahkan orang tua banyak yang belum bisa baca Al Qur'an. Kalaupun bisa hanya sedikit dari mereka yang sudah benar Makhorijulnya. Ya gak usah lihat orang lain, contohnya saja aku. Aku bisa sih baca Al Qur'an, tapi ya itu gak tartil.
Tapi Alhamdulillah.
Kira-kira hampir 3 tahun yang lalu aku cari guru ngaji dan belajar sampai sekarang.
Ya Walaupun sampai sekarang bacaanku masih banyak salahnya. Belum Fasih.

Sebenernya ada juga sih yang sudah dewasa tapi masih ada keinginan untuk belajar ngaji. Tapi ada aja alasan / faktor yang bikin mereka gak belajar-belajar juga. Oke selanjutnya apa saja sih alasan-alasan mereka. Yuk simak aja. Contohnya :
1. Malu
Ya biasalah, udah gede mau ngaji dah gitu gurunya nyuruh ngulang dari Iqro pula. La sekarang gini :
* Lebih baik malu sekarang, terus bisa lancar 2-3 tahun lagi (kalau iqtiqomah), atau
* Gak ngaji, jadi kan gak malu.
Tapi 2-3 tahun lagi tetep aja gak bisa-bisa.
Camkan itu bro... hehe (Becanda lo.....)
2. Sibuk
Ini adalah alasan kedua "Aku siang kerja, kadang pulang udah maghrib, gak ada waktunya"
=> Yang bener nih ??
Gak ada waktu apa gak mau meluangkan waktunya !?!?
Sekarang gurunya sudah ada. Jadwalnya bisa diatur, mau ba'da ashar, ba'da maghrib, ba'da isya, atau bahkan ba'da shubuh. Masih mau beralasan???
3. Gak Ada Temen
Biasalah orang itu kalau mau pergi atau mau ngapain gitu males kalau gak ada temennya.
=> Aku ini lo, mbok anggep opo ?
4. Belum Dapet Hidayah
Menurutku ini adalah alasan paling super.
Haduh bro... Hidayah itu djemput, bukan ditunggu-tunggu gitu aja.
5. Belum Ada Gurunya
Lah, terkadang orang pintar itu terlalu rendah hati, suka gak enakan. Sebenarnya kalau mereka mau aja ngajarin ngaji. Tapi ya itu... Akan lebih pas lagi kalau kita "Calon Murid" yang nanya.
Caranya gini, sering-sering jamaah di Masjid / mushola, liar orang yang biasa ngimamin. Perhatikan bacaan Qur'annya. Kalau lancar, bagus, dan tartil. Dekati, ajak ngobrol dan sampaikanlah maksud dan niat kita kalau pingin belajar ngaji sama dia.
6. Nanti Lah Kalau Udah Nikah Belajar sama Suami / Istri
Hem, ini tipe penunda. Iya kalau dapet pasangan yang pinter ngaji. La kalau dapet pasangan yang pinter nanyain gaji ?? kan repot. hehe


Download

About Download -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Di Mohon Sumbang Sarannya...!!